Kontraktor bangun rumah

Kontraktor bangun rumah merupakan pihak yang menyediakan jasa konstruksi rumah. Penyedia ini menawarkan jasa nya sesuai keahlian dan keterampilan nya dalam membangun sebuah hunian. Tidak dipungkiri kehadiranya membawa banyak manfaat bagi masayarakat, khususnya anda yang saat ini yang memiliki rencana membangun hunian dengan budget terbatas.

Kadang kita berpikir bahwa membeli rumah dari developer perumahan adalah pilihan terbaik. Namun dengan budget terbatas anda akan berpikir ulang lebih baik membangun sendiri. Hal ini dikarenakan rumah yang anda dapatkan akan lebih kecil dari pada anda membangun sendiri.

Jasa kontraktor bangun rumah sendiri adalah solusi terbaik yang anda miliki saat ini. Hal ini dikarenakan tinggi nya harga rumah yang ditawarkan oleh penyedia perumahan (developer). Karena dengan jasa ini anda bisa menyesuaikan kebutuhan rumah dengan budget anda yang hemat.

10 Cara Kontraktor Bangun Rumah Membangun Rumah Anda

Kontraktor bangun rumah

1. Membangun Rumah Anda Secara Bertahap

Dalam membangun rumah membutuhkan proses dari awal hingga selesai. Tahap membangun rumah sendiri dimulai dari perencanaan, persiapan pekerjaan, pembuatan bowplank, pembuatan pondasi, pembuatan struktur baik kolom dan balok, pemaangan bata, pengecatan hingga pekerjaan finishing.

https://www.youtube.com/watch?v=dUrC7M5KljA

2. Melakukan Pembelian Material Bahan

Sebagai penyedia jasa Kontraktor bangun rumah pertama akan melakukan pembelian bahan material. Bahan material ini akan digunakan dalam membangun rumah hunian anda. Tanpa membeli bahan tidak mungkin rumah anda dapat dibangun.

3. Mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Kontraktor bangun rumah

Dalam peraturan pemerintah rumah termasuk bangunan yang harus memiliki izin. Seperti peraturan UU Nomor 28 tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, anda sebagai pemilik hunian tidak perlu khawatir. Karena yang mengurus izin adalah pengusaha konstruksi yang anda tunjuk untuk melaksanakan konstruksi rumah.

4. Melakukan Pemasangan Mekanikal dan Elektrikal (MEP)

Kontraktor bangun rumah juga memberikan layanan pemasangan Elektrikal dan Mekanikal. Mekanikal sendiri bisa berupa pemasangan pipa-pipa untuk saluran pembuangan dan pengeboran sumber air rumah tangga. Elektrikal bisa berupa jalur kabel, saklar, dan pemasangan induk listrik yang bersumber dari PLN.

5. Melakukan Efisiensi Bahan dan Efektifitas Kerja

Pemberi jasa juga akan mengoptimalkan penggunaan bahan material pada saat membangun rumah anda. Sementara efektifitas kerja dibutuhkan agar proyek pembangunan hunian anda sesuai waktu yang tertera di kontrak kerjasama bahkan lebih cepat selesai. Efisiensi dan Efektifitas ini akan berbanding lurus dengan budget anda yang hemat. Semakin boros dan semakin lama pekerjaan tentunya akan banyak menghabiskan anggaran belanja.

6. Desain Hunian Minimalis atau Mewah

Cukup banyak desain bertebaran di dunia maya, tetapi apakah hal tersebut masuk dengan budget anda yang hemat? alih alih anda ingin rumah mewah namun anggaran anda tidak mencukupi, Jadi tanyakan kepada Kontraktor bangun rumah sebelum anda memilih dan membeli desain di luar. Meskipun dana anda terbatas anda bisa memilih desain rumah minimalis dari pada desain rumah mewah, hal ini lebih masuk akal bukan?

7. Mempersiapkan Budget Hemat Anda

Setelah melakukan tanda tangan dan perjanjian kontrak dengan pelaksana proyek yang harus anda siapkan adalah anggaran. Budget yang anda miliki harus melebihi dengan penawaran atau RAB (Rindian Anggaran Belanja). Budget yang hemat bukan berarti tidak bisa membangun hunian yang nyaman dan menarik.

8. Siapkan Lokasi Tempat Rumah Anda Dibangun

Kontraktor bangun rumah

Hal pertama yang dilakukan oleh anda dan Kontraktor bangun rumah adalah survey lokasi. Survey ini bertujuan untuk melakukan pengukuran dan pemberian batas rumah anda akan di bangun. Penyedia akan mempersiapkan dokumentasi dari pihak setempat sebagai bukti. Anda dan pemilik jasa bangun rumah akan memberitahukan kepada warga sekitar bahwa rumah anda akan dibangun sehingga tidak terganggu selama proses konstri berlangsung.

9. Tanda Tangan Surat Perintah Kerja (SPK) Dimulainya Pekerjaan

Setelah survey dilakukan dan anda telah membayar DP (Down Paymen) langkah selanjutnya adalah tanda tangan SPK (Surat Perintah Kerja). Surat ini berisi perintah kepada kontraktor pelasana untuk memulai proyek pembangunan rumah anda.

10. Lakukan Pengawasan Secara Berkala Ke Lokasi Proyek

Selama proyek pengerjaan anda harus sering ke lokasi untuk melakukan cek progres pekerjaan. Hal ini juga sebagai evaluasi apakah di lapangan sudah sesuai dengan RAB yang dibuat sebelumnya. Cek juga kualitas pekerjaan yang sudah selesai.

Kesimpulan Kontraktor Bangun Rumah

Kontraktor bangun rumah

Setelah membaca 10 Poin diatas bagaimana proses kerja dari kontraktor untuk membangun rumah. Anda mendapat wawasan dan pencerahan yang dapat anda gunakan saat membangun hunian. Apapun yang terjadi tentunya kita semua ingin membangun rumah yang aman dan nyaman dengan desain minimalis atau mewah.

Semua poin di atas terdapat di Kontraktor-Rumah.com sebagai Kontraktor bangun rumah pilihan terbaik. Kami bisa menyesuaikan dengan anggaran anda yang terbatas sesuai keinginan. Jadi apabila anda sedang mencari penyedia jasa untuk membangun rumah. Kami Solusinya, Jangan ragu untuk menghubungi kami.

Lihat juga Artikel kami : https://www.kontraktor-rumah.com/jasa-pembangunan-rumah/